Selasa, 01 Maret 2011

Nasional


Rabu, 02/03/2011 11:23 WIB
Direktur FBI: Kerjasama Jadi Modal Utama Berantas Korupsi Internasional 
Jakarta - Direktur FBI Robert Mueller memberikan kuliah umum kepada jajaran pegawai KPK. Mueller menyebut kerjasama antar lembaga lintas negara menjadi hal yang penting untuk memberantas kejahatan korupsi internasional.

"Kerjasama kemitraan merupakan hal yang begitu penting untuk memberantas korupsi di dunia internasional. Oleh karena itu pertemuan semacam ini baik sekali," tutur Mueller dalam sambutannya di ruang auditorium, KPK, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Rabu (2/3/2011).

Mueller mengatakan, isu pemberantasan korupsi sangat menjadi perhatian Amerika Serikat khususnya FBI. "Pemberantasan terorisme prioritas bagi kami. Tapi pemberantasan korupsi merupakan hal nomer satu," tutur Mueller yang mengenakan jas hitam ini.

Dalam acara ini, turut hadir di kursi Utama Ketua KPK Busyro Muqoddas, Wakil Ketua KPK M Jasin dan Dubes Amerika Serikat Scott Marciel. Di samping itu terdapat jajaran pegawai KPK yang juga hadir dalam acara ini.

Untuk pengamanan kedatangan Mueller ini, KPK yang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat menerapkan pengamanan yang ketat. Setiap pegawai maupun fotografer dan kameramen yang masuk ke auditorium utama lantai 1 harus melewati metal detector.

Tak hanya itu, anjing pelacak jenis rudweller dari kepolisian juga dibawa sampai masuk ke ruang ballroom. Dengan dikawal petugas dari Brimob, anjing itu mengendus-endus setiap kolong meja dan sudut yang ada di auditorium tempat pertemuan berlangsung.

Ini merupakan pemandangan yang sangat jarang terlihat di KPK. Biasanya jika ada pertemuan, tidak pernah ada proses scaning yang sedemikian ketat.

Mueller sendiri selama karirnya memang lebih banyak mengurusi kejahatan kerah putih salah satunya tindak korupsi. Direktur FBI yang ke-6 ini pernah menjadi asisten Jaksa Amerika Serikat di mana tugas yang diembannya adalah untuk mengusut penipuan keuangan dan pencucian uang internasional.

(fjp/gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar